Postingan

Menampilkan postingan dari November, 2021

Perayaan Kecil untuk Guru

Gambar
  sebagian Dewan Guru MI NU 04 Kumpulrejo (dok. @minu04kumpulrejo) Hari Guru diperingati setiap tahun tepat pada tanggal 25 November. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Sabtu, 27 November 2021 HGN (Hari Guru Nasional) dengan berseragam Pergunu (Persatuan Guru Nahdlatul Ulama) di MI NU 04 Kumpulrejo dirayakan dengan cukup sederhana, tumpengan simbolik dan doa bersama. Tak bisa dipungkiri, guru sangat berperan dalam kehidupan kita. Mereka mendidik, mengajar, dan memberi teladan. Sejak dulu, guru adalah manusia sederhana yang hidupnya dihibahkan untuk mendidik tunas-tunas bangsa, guru membekali ilmu, masing-masing kita wajib mengamalkan. pemotongan tumpeng (dok. @minu04kumpulrejo) Benar, guru bukan sekadar Bapak/ Ibu ruhani kita. Mereka adalah penyala cahaya dikegelapan. Bakti suci guru seumpama matahari, ia selalu ada untuk tunas bangsa. Begitupun orang tua adalah guru biologis sekaligus guru ruhani, dan alam adalah guru senyap yang mengajarkan rahasia-rahasia hidup dan kehidupan.

Jadwal PAS Gasal 2021/2022

Gambar
  Selamat Merayakan PAS (Penilaian Akhir Semester) Gasal Tahun Pelajaran 2021/2022 MI NU 04 Kumpulrejo Kec. Kaliwungu Kab. Kendal. Berikut jadwalnya: Selamat Belajar, semoga ilmu kalian manfaat dan barakah. Cerdas di lahir, di batin.

Guru: Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan

Gambar
  Pembaca Doa Hari Guru Nasional Tahun 2021 (photo bu maulida/ minu04kumpulrejo) Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia sungguh besar dan sangat menentukan. Sejak masa penjajahan, guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalisme kepada peserta didik dan masyarakat. Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Dengan demikian, guru merupakan salah satu faktor yang strategis dalam menentukan keberhasilan pendidikan yang meletakkan dasar serta turut mempersiapkan pengembangan potensi peserta didik untuk masa d